Dengan adanya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini merupakan salah satu sistem yang tepat dalam mendidik mahasiswa secara praktis tentang bagaimana melakukan pencegahan dan pengurangan dampak resiko bencana di tengah-tengah masyarakat. Yang dimaksud dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah kegiatan yang dilakukan di lapangan selama periode tertentu untuk menjadikan para mahasiswa lebih memahami bidang studinya. Dimana persiapan Kuliah Kerja Nyata meliputi kegiatan penyusunan jadwal, penentuan lokasi, personalia pengawas, serta paduan pelaksanaannya yang diatur oleh tim yang ditunjuk oleh BAPEL KKN UNSYIAH. Kuliah Kerja Nyata merupakan suatu persyaratan yang harus ditempuh bagi mahasiswa Universitas Syiah Kuala sebagai persyaratan untuk kelulusan program Sarjana S1.
Pada pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini mahasiswa dituntut untuk memadukan ilmu yang diperoleh dalam mengikuti perkuliahan dengan kegiatan nyata yang ada di lapangan, yang mana sangat diperlukan untuk menambah wawasan dan pengalaman, sehingga mahasiswa tidak hanya terpaku pada teori saja, namun bersifat fleksibel dan realistis dengan situasi yang dihadapinya dan dapat mengambil keputusan yang sesuai dengan kondisi wilayah kerja dan kemampuannya.

Dengan demikian pola pendidikan tahap sarjana yang diterapkan dapat membekali mahasiswa dengan pengetahuan ilmu  yang dipelajari dan keterampilan yang mencakupi untuk menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan dampak bencana pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
Sebagai bagian dari mahasiswa Fakultas Universitas Syiah Kuala, Kuliah Kerja Nyata oleh kelompok ini yang terdiri dari Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas MIPA dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan yang mempunyai visi yaitu penerapan terpadu dan berkelanjutan ilmu yang dimiliki secara bermutu berdasarkan pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demi perkembangan masyarakat di daerah rawan bencana.
Adapun tujuan dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah :
1.        Memperluas ilmu pengetahuan yang dimiliki dan dapat mengaplikasikannya setelah selesai dalam kegiatan kuliah kerja nyata tersebut.
2.        Agar mahasiswa dan berperan pro-aktif dalam kebutuhan masyarakat Indonesia yang sedang membangun.
3.        Untuk mengetahui, memahami, dan mempelajari, serta mengikuti kegiatan perusahaan pada bidang-bidang terkait dengan bidang disiplin ilmu.
4.        Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi pada berbagai bidang  serta memiliki pengetahuan dasar tentang ilmu-ilmu lain yang berkaitan sehingga mampu menyelesaikan berbagai masalah.
5.        Untuk memenuhi persyaratan akademis  pada Universitas Syiah Kuala dalam rangka untuk menyelesaikan tugas akhir.